APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 1 TEGALGEDE
Keywords:
bahasa inggris, media pembelajaran, mdlcAbstract
Bahasa Inggris sangat penting untuk dikenalkan kepada anak sejak dini. Namun kebijakan pembelajaran bahasa Inggris sebagai mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar belum diiukuti dengan usaha yang maksimal baik dari pihak pemerintah maupun sekolah, terutama guru untuk memaksimalkan pembelajaran. Guru hanya mengandalkan metode ceramah sehingga membuat siswa menjadi kurang tertarik untuk mengikuti materi pembelajaran bahasa inggris. Melihat permasalahan ini maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi media interaktif pengenalan bahasa inggris untuk membantu guru agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan sehingga siswa mendadi lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran bahasa inggris. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu MDLC, metode ini terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengetesan dan pendistribusian. Hasil dari penelitian ini yaitu terbuat sebuah aplikasi media pembelajaran bahasa inggris berbasis dekstop memberikan kemudahan, dan proses pembelajaran di SD Negeri 1 Tegalgede menjadi berfariatif
References
Binanto, I. (2010). Multimedia Dasar-Dasar Teori dan pengembangannya. Yogyakarta: ANDI.
Megasafitri, R. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSOSISI PADA SISWA KELAS V . JPGSD, 1781-1790.
Sandri et al. (2019). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Dasar untuk Anak TK. SMATIKA, 59-64.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: CERDAS ULET KREATIF.
Yamin, M. (2017). METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT DASAR. JURNAL PESONA DASAR, 82-97.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) dilisensikan di bawah ketentuan Prodi. Dengan lisensi ini, penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya, sementara pihak lain diizinkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan, baik untuk keperluan komersial maupun non-komersial, selama memberikan pengakuan yang layak kepada penulis asli dan eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) sebagai sumber publikasi.
Setiap karya turunan wajib disebarluaskan menggunakan lisensi yang sama. Lisensi ini mendukung prinsip akses terbuka (open access) untuk mendorong diseminasi ilmu pengetahuan secara bebas dan bertanggung jawab.