MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI PANCA INDRA MANUSIA BERBASIS ANDROID
Keywords:
Game Edukasi, Media Pembelajaran, Metode Extreme Programming, Panca Indra ManusiaAbstract
Kurangnya media dan bahan ajar yang digunakan dalam mempelajari mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi panca indra manusia terjadi pada kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Pameuntasan 03. Sistem pembelajaran yang masih bersifat manual hanya dengan memanfaatkan buku cetak tanpa adanya interaksi atau timbal balik terhadap siswa membuat proses pembelajaran menjadi cepat bosan dan tentunya kurang kondusif saat pembelajaran berlangsung. Perlu adanya keseimbangan untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya dengan menerapkan konsep belajar sambil bermain. Konsep tersebut akan penulis terapkan dengan membangun aplikasi media pembelajaran game edukasi panca indra manusia berbasis android. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode extreme programming dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran yang berisi informasi mengenai panca indra manusia dan tentunya terdapat game edukasi yang dapat mengasah otak anak. Game tersebut diantaranya game puzzle, game tebak bagian, dan game latihan quiz. Aplikasi tersebut dapat berjalan dengan sistem android versi 5.0 (lollipop) ke atas. Skor penilaian berdasarkan kuesioner kepada 8 responden menghasilkan angka 88.5% dapat dikualifikasikan sangat baik dan tentunya berhasil.
References
Christian, I. C., Supianto, A. A., & Rokhmawati, R. I. (2019). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Materi Laju Reaksi di Tingkat SMA (Studi Pada SMA Brawijaya Smart School Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , 7051-7059.
Hakim, L. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Sandiarta Sukses.
Jayanti, W. E., Meilinda, E., & Fahriza, N. (2018). Game Edukasi “Kids Learning” Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA , 78-86.
Puspadewi, I., Sulindra, I. G., & Sentaya, I. M. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Panca Indra Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Pelat Kecamatan Unter Iwes Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan , 33-42.
Rahma, A. D., Sulhadi, S., & Sumarti, S. S. (2016). Implementasi Pembelajaran Sains Dengan Media Fotonovela Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/MI. Journal of Primary Education , 1-9.
Supriyatna, A. (2018). Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja. Jurnal Teknik Informatika , 1-18.
Ulia, R. I., & Rodiansyah, S. F. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Sistem Panca Indera Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Unma , 32-40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) dilisensikan di bawah ketentuan Prodi. Dengan lisensi ini, penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya, sementara pihak lain diizinkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan, baik untuk keperluan komersial maupun non-komersial, selama memberikan pengakuan yang layak kepada penulis asli dan eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) sebagai sumber publikasi.
Setiap karya turunan wajib disebarluaskan menggunakan lisensi yang sama. Lisensi ini mendukung prinsip akses terbuka (open access) untuk mendorong diseminasi ilmu pengetahuan secara bebas dan bertanggung jawab.