Game Edukasi Berbasis Android Quiz Tentang Surat-Surat Pendek Untuk Sdn Sukahaji 02 Untuk Kelas 3 SD

Authors

  • Rio Alfikri Sofian Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Rizki Tri Prasetyo Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Amirul Mukminin Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Keywords:

Android, Game Edukasi, Agama Islam

Abstract

Kemajuan teknologi pada saat ini telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Namun, selain memberikan dampak positif, teknologi juga memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek pendidikan, termasuk Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 4 tahap metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, studi literatur, dan kuesioner, dengan tujuan untuk membantu para guru menciptakan game edukasi berbasis Android dengan judul "Quiz Surat Pendek Untuk SDN SUKAHAJI 02".Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SDN SUKAHAJI 02 membutuhkan pembelajaran yang disertai permainan. Game edukasi yang dikembangkan membuktikan manfaatnya bagi siswa dan membantu para guru dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, game edukasi berbasis Android ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap surat-surat pendek Al-Quran. Kesimpulannya, game edukasi berbasis Android sangat bermanfaat bagi siswa SDN SUKAHAJI 02 dan memberikan dukungan yang berarti bagi para guru dalam menyajikan pembelajaran yang menarik dan efektif.

References

N. K. Aini and A. Muhid, “EFEKTIFITAS GAME MARBEL MUSLIM KIDS PADA MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN,” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 5, no. 1, pp. 35–55, 2022, doi: https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i1.2382.

W. Wibisono and L. Yulianto, “Perancangan Game Edukasi Untuk Media Pembelajaran Pada Sekolah Menengah,” Online, 2010. doi: http://dx.doi.org/10.3112/speed.v2i2.878.

Akmaludin, “ANATOMI OTAK MANUSIA (PENGUJIAN: WHITEBOX, MATRIX GRAPHICS, BLACKBOX, DAN METODE TABULASI SEDERHANA),” Techno, vol. 10, no. 2, pp. 143–152, 2013, doi: https://doi.org/10.33480/techno.v10i2.512.

A. Y. Khunaifi and M. Yuniar, “Penggunaan Media Game Anak Edukasi Hijaiyah untuk Keterampilan Minat Baca Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas I SD Negeri 01 Tugu Harum,” JUPIN: Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, vol. 1, no. 2, pp. 100–114, 2022, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://jsr.unuha.ac.id/index.php/JUPIN/article/view/124/64

M. K. Fuadah and R. Firmansyah, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Arab Untuk Siswa TPA Nurul Irfan Menggunakan Unity 3D,” E-Prosiding, vol. 3, no. 1, 2022, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/467

M. Yunus, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR,” 2015. Accessed: Jul. 17, 2023. [Online]. Available: https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/192/pdf

R. Delian Kautsar and R. Sanjaya, “Pembuatan Game ‘Quiz Trivia Asmaul Husna’ Sebagai Media Edukasi Menggunakan Construct 2,” E-Prosiding , vol. 2, no. 2, 2021, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/600

A. G. Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’Alat Musik Daerah Berbasis Android,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), vol. 2, no. 1, pp. 49–53, 2019, Accessed: Jul. 27, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1062/925

P. Yunita, S. Adrianto, and A. Sidiq, “APLIKASI KUIS ISLAMI BERBASIS MOBILE,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 6, no. 2, 2022, Accessed: Jul. 27, 2023. [Online]. Available: https://jurnal-backup.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/1113/636

Efrilin and Andin, “Pembelajaran Interaktif Tipe Kuis Berbasis Game Edukasi untuk Meningkatkan Konsep Mengenal Huruf Hijaiyah,” 2019. Accessed: Jul. 03, 2023. [Online]. Available: https://eprints.ums.ac.id/70827/

Downloads

Published

2025-06-30