Analisis Kepuasan Pengguna Website Integrated Solution Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction
Keywords:
End-User Computing Satisfaction, kepuasan pengguna, Integrated SolutionAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis rasa kepuasan pengguna terhadap website Integrated Solution (ITSO) dengan metode pendekatan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Saat ini, pengelolaan administrasi, baik bagi kepentingan publik maupun internal, masih umumnya menggunakan metode konvensional yang mengakibatkan proses kerja menjadi kurang efektif dan efisien, serta menimbulkan tantangan dalam pengarsipan yang dapat menyebabkan kesalahan administrasi dan kerugian signifikan Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana kepuasan pengguna terhadap ITSO serta untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang memengaruhi kepuasan tersebut. Metode EUCS yang diperkenalkan oleh Doll serta Torkzadeh denan tujuan sebagai alata tau metode ukur pada tingkat kepuasan kepada user atau pengguna sebagai ba evaluasi terhadap sistem informasi. Hasil analisis menunjukkan secara keseluruhan, Tingkat rasa kepuasan pengguna ITSO dapat dikategorikan sebagai "Cukup Puas" dengan rata-rata nilai yang didapat sebesar 3,95 atau 73,75%. Analisis faktor menunjukkan bahwa sebagian besar factor-faktor yang diukur didalam instrumen EUCS memiliki pengaruh signifikan terhadap rasa kepuasan pengguna, kecuali perceived usefulness yang tidak memiliki pengaruh signifikan. Penelitian ini memberikan informasi yang berharga sebagai tolak ukur dalam pengembangan dan perbaikan kontinu website ITSO guna meningkatkan kepuasan pengguna.
References
Z. A. Aan, “Digitalisasi Dokumen Dan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kinerja Pemerintah Desa,” APJKM, vol. 5, no. 1, 2020.
A. Nurkholis, A. Budiman, D. Pasha, S. Ahdan, R. Andika, and Z. Amalia, “Digitalisasi Pelayanan Administrasi Surat Pada Desa Bandarsari,” Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
M. G. Witri, “Digitalisasi Pelayanan Adopsi Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil Berbasis Website,” ULIL ALBAB , vol. 1, no. 6, 2022.
G. Pujana, I. Made Ardwi Pradnyana, and I. Ketut Resika Artha, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 12, no. 1, 2023, [Online]. Available: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/
E. Istianah and W. Yustanti, “Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna,” JEISBI, vol. 3, no. 4, 2022.
A. Lattu, Sihabuddin, and W. Jatmiko, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penggunaan E-Learning Dengan Metode Tam Dan Eucs,” JURSISTEKNI, vol. 4, no. 1, pp. 39–50, 2022.
D. Novita, “Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep di Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Pendekatan EUCS,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), vol. 7, no. 1, pp. 29–41, 2020.
R. Rachman, N. Hunaifi, and R. D. Sulatriningsih, “Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Punten Kota Bandung Menggunakan Model Evaluasi Terintegrasi,” JURNAL RESPONSIF, vol. 2, no. 2, pp. 158–167, 2020, [Online]. Available: http://peraturan.go.id
R. Agustina and L. A. Abdillah, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” ArXiv, 2022, doi: 10.48550/arXiv.2207.00642.
F. N. Ramadhayanti, Mulyadi, and E. Rasywir, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 17, no. 1, pp. 143–151, Apr. 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792.
P. K. Kusumah, “Metode Penelitian Bisnis: Analisis Data Melalui SPSS Dan Smart-PLS,” in Deepublish Publisher, 1st ed., Deepublish, 2023, pp. 129–137. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=Q54DEQAAQBAJ
M. Z. Yang and J. I. Sihotang, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK,” INDEX, vol. 4, no. 2, pp. 53–60, 2022, [Online]. Available: https://e-journal.unper.ac.id/index.php/informatics
R. Sholihah and A. Dwi, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” JEISBI, vol. 3, no. 3, 2022.
R. D. Putra and D. R. Prehanto, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip.id menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS),” JEISBI, vol. 02, p. 2021.
T. Hidayat and D. S. Canta, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Tokopedia dengan Menggunakan Metode TAM,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 2, p. 472, Apr. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4088.
L. Darwati, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Ovo Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” JUST-IT, vol. 12, no. 2, pp. 34–42, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
S. Sarosa, “Analisis Data Penelitian Kualitatif,” M. Maharani, Ed., Depok: PT Kanisius, 2021, p. 7. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=YY9LEAAAQBAJ
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) dilisensikan di bawah ketentuan Prodi. Dengan lisensi ini, penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya, sementara pihak lain diizinkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan, baik untuk keperluan komersial maupun non-komersial, selama memberikan pengakuan yang layak kepada penulis asli dan eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) sebagai sumber publikasi.
Setiap karya turunan wajib disebarluaskan menggunakan lisensi yang sama. Lisensi ini mendukung prinsip akses terbuka (open access) untuk mendorong diseminasi ilmu pengetahuan secara bebas dan bertanggung jawab.