Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Bahasa Isyarat Untuk Anak Tuna Rungu Berbasis Android

Authors

  • Wildan Gunawan Holid Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Rangga Sanjaya Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Nanang Hunaifi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Keywords:

Media Pembelajaran Bahasa Inggris, Aplikasi Untuk Tuna Rungu, Metode User Centered Design

Abstract

SLB Pancaran Iman merupakan salah satu sekolah bagi anak tuna rungu yang ada di Kota Bandung. Sekolah ini sudah menerapkan penyajian pembelajaran yang sesuai dengan anak tuna rungu khususnya untuk mata pelajaran Bahasa inggris. Menurut guru Bahasa Inggris ibu Sofia, S.Pd terdapat kekurangan dan kesulitan dalam penerimaan materi bagi anak-anak dimana masih kurang maksimalnya penyajian materi. Hal tesebut menurut guru Bahasa inggris dapat dimaksimalkan dengan penggunaan Aplikasi mobile. Aplikasi mobile dianggap sesuai dikarenakan mudah diakses dimana saja sehingga anak-anak dapat mempelajarinya diluar sekolah. Penelitian ini melakukan perancangan user interface untuk pembelajaran Bahasa inggris menggunakan Bahasa isyarat. Modelyang digunakan adalah User Centered Design (USD). Hasil dari penelitian menyatakan bahwa aplikasi yang dibuat dapat bermanfaat dengan baik.

References

Amrullah, A. Z., & Saputro, K. E. (2019). Analisis dan Perancangan Kamus Interaktif Bahasa Isyarat Indonesia dengan Speech Recognition. Jurnal BITe, 2(2), 2019.

Anam, S., Taufik, Z., Syukur, A., Saefulloh, A., Najamuddin, Y., Solong, P., Nur, H., Vini, H., Syarifah, R., Mukri, G., & Hasanah, I. F. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Nilai Islami. PT Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Anggraeni, A. L. V., Tirtayani, L. A., & Sujana, W. (2019). Pengaruh Stimulasi Wicara Dalam Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Usia Dini Di Tk Tunarungu Sushrusa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha– 139.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD

Azhari. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 16, 43–60.

Chabibah, N., Taryana, T., Novianti Yusuf, R., & Ismail Fahmi, A. (2022). Pemanfaatan Media Surat Kabar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran PKN. Jurnal Tahsinia , 3(1), 20–28.

Eva, O., & Malahayati, N. (2022, March 12). BAB 10 PRINSIP PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN. IAIN Kudus.

Fadlil, A., & Al-Anshori, F. (2020). Sistem Informasi Kegiatan Santri Persada Berbasis Android. Prosiding Interdisciplinary Postgraduate Student Conference , 978-602-19568-2–3.

[ Hakim, B. M., Tolle, H., & Kharisma, A. P. (2019). Pengembangan Aplikasi Pelatihan Bahasa Pada Tunarungu Menggunakan Google Speech Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 1225–1234. http://j-ptiik.ub.ac.id

Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jurnal Metabasa, 2(1).

Hasibuan, L. H., & Maruf, K. (2020). Mobile Aplikasi Berbasis Android Untuk Sistem Usulan Publik Operasional Dan Pemiliharaan Kota Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi, 14(1), 64–80.

Hendra Pradikja, M., Tolle, H., & Brata, K. C. (2018). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Berbasis Android Tablet. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(8), 2877–2885. Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah. Jurnal Warta Edisi, 50(1829–7463).

Downloads

Published

2025-06-30