Game Edukasi Interaktif Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Sekolah Dasar Menggunakan Construct 2
Keywords:
Game Edukasi, Matematika, Construct 2Abstract
Perkembangan teknologi membawa perubahan besar pada dunia game. Game kini telah menjadi salah satu bentuk hiburan yang sangat populer, terutama di kalangan anak-anak dan pengguna perangkat seluler. Namun banyak anak modern yang sudah tidak tertarik lagi dengan permainan, khususnya matematika. Banyak siswa sekolah dasar yang kesulitan belajar berhitung. Namun berkat teknologi informasi, pembelajaran matematika bisa menjadi lebih menarik dan efektif. Permainan matematika merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat membantu anak belajar berhitung dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Maka dibuatlah sebuah permainan edukasi untuk anak dengan menggunakan constuct 2, permainan ini dapat digunakan untuk mengisi waktu anak dan menjadi sarana pembelajaran yang interaktif dan non interaktif. Perancangan game dengan metode GLDC ini berguna untuk pembuatan game karena mencakup sejumlah aspek terstruktur yang memungkinkan terciptanya game yang selaras dengan kurikulum. bertujuan untuk mengembangkan permainan edukatif untuk mengajarkan anak berhitung dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Diharapkan dengan adanya metode pembelajaran alternatif ini, siswa akan lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar matematika. Hasil kuisioner menunjukan nilai presentase user interface sebesar 96% dengan demikian game edukasi ini di nilai baik dan layak untuk digunakan dengan faktor pendorong tampilan user interface yang menarik akan menjadi ketertarikan siswa untuk menggunakan game edukasi matematika ini.
References
I. Arigunawan, I. S. dan I. S. , “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VII,” jurnal pendidikan dan pembelajaran matematika indonesia, 2020.
E. Gunawan, S. dan L. R. , “APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT DASAR BERBASIS ANDROID,” Jurnal TEKNOINFO, 2022.
S. W. Harisa dan R. O. , “Perancangan Game Edukasi Matematika Menggunakan Construct 2 Untuk kelas VII di Smp N 1 Lareh Sago Halaban,” JTMEI, 2023.
M. Zaid.R dan A. , “PEMBELAJARAN EKOSISTEM PADA SDN TALANG PAKE BERBASIS MULTIMEDIA,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, 2020.
A. Muhtasyam, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android Dengan Bantuan Software Construct 2 Pada Materi Aljabar,” FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pp. 5-10, 2018.
S. M. Husein dan P. Savitri, “PEMBANGUNAN GAME EDUKASI BELAJAR BAHASA SUNDA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DAN ADOBE PHONEGAP,” Jurnal Infotronik , 2019.
A. P. A. M. Yusuf, M. S. dan j. , “GAME EDUKASI INTERAKTIF ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2,” JURNAL ILMIAH BETRIK, 2022.
T. R. A. Amirullah, M. R. dan N. P. Rahyu, “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA (OPERASI BILANGAN PECAHAN) BERBASIS ANDROID UNTUK SEKOLAH DASAR,” Jurnal Ilmiah Edutic, 2019.
Enjelita, “Pengembangan Game edukasiMatematika Berbasis AndroidMenggunakan SoftwareConstruct2 terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis,” Jurnal Pendidikan Matematika dan Ipa, 2023.
T. A. A. Krisnandi, “Pengembangan Game Edukasi pada Mata Pelajaran Matematika Materi penjumlahan matematika materi penjumlahan kelas 1 sekolah dasar menggunakan construct 2,” Prosiding SENAPAS, 2023.
L. Dias dan J. E. , “PERANCANGAN GAME EDUKASI SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2,” JUKANTI (Jurnal Pendidikan Teknologi Indonesia), 2021.
A. T. Subowo, “Membangun Spiritualitas Digital bagi Generasi Z,” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 2020.
R.Ariffahmi dan S. , PEMBANGUNAN GAME EDUKASI KESENIAN SUNDA MENGGUNAKAN UNITY ENGINE, Indonesia: Unpas.ac.id, 2019.
R. K.P, “Media pembelajaran Mata Kuliah Workshop Storyoard Berbasis Video Animasi 2 Dimensi,” 2020.
Niamkholidin, “Pengertian tentang Insckape,” 2020. [Online].
N. T.W, “Game Pengenalan Jenis Hewan Herbivora, Karnivora dan Omnivora Berbasis HTML 5,” Universitas Islam Riau, 2022.
W. D, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android,” Sumanto Al Qurtuby, 2021.
D. A. Implementasi Algoritma Harmony Search pada Npc dalam game War Tank, Universitas Komputer Indonesia, 2020.
S. A. Iman, “Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar,” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) dilisensikan di bawah ketentuan Prodi. Dengan lisensi ini, penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya, sementara pihak lain diizinkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan, baik untuk keperluan komersial maupun non-komersial, selama memberikan pengakuan yang layak kepada penulis asli dan eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) sebagai sumber publikasi.
Setiap karya turunan wajib disebarluaskan menggunakan lisensi yang sama. Lisensi ini mendukung prinsip akses terbuka (open access) untuk mendorong diseminasi ilmu pengetahuan secara bebas dan bertanggung jawab.