Simulasi Airsoft Gun Menggunakan Unity 3D di Mercenaries Airsoft Team
Keywords:
Airsoft Gun, Unity 3D, Mercenaries Airsoft TeamAbstract
Mercenaries Airsoft Team adalah komunitas olahraga Airsoft di Suryalaya Kota Bandung. Komunitas ini didirikan dengan tujuan untuk merangkul dan menjalin tali persaudaraan sebagai sesama penggemar hobi olahraga Airsoft. Olahraga Airsoft yang merupakan sebuah olahraga ekstrim membutuhkan alat pelindung seperti kacamata khusus dan rompi. Harga perlengkapan Airsoft Gun yang relatif mahal mengakibatkan tidak semua anggota komunitas dapat membelinya secara lengkap. Khususnya bagi para anggota komunitas yang masih pemula memerlukan edukasi dalam mengenalkan aturan permainan olahraga menembak serta penggunaan Airsoft Gun. Tidak jarang terdapat pemain yang melakukan kecurangan seperti tetap bermain walau sudah terkena tembakan. Sulitnya mencari lokasi yang cocok untuk kegiatan olahraga ini menjadi kendala bagi komunitas Mercenaries Airsoft Team. Tujuan untuk penelitian ini akan didesain simulasi Airsoft Gun dengan Unity 3D di Mercenaries Airsoft Team yang memfasilitasi simulasi pertempuran bagi para anggota komunitas. Selanjutnya simulasi Airsoft Gun di-build untuk dijadikan aplikasi Android. Hasilnya aplikasi Airsoft Gun yang dibuat telah memfasilitasi para anggota komunitas di Mercenaries Airsoft Team dalam mengenal aturan dan etika permainan olahraga menembak serta penggunaan Airsoft Gun. Permainan ini memberikan alternatif lokasi bagi para anggota Mercenaries Airsoft Team yang bisa dijalankan di Android. Pada kuesioner memperlihatkan bahwa aplikasi Airsoft Gun layak digunakan oleh para anggota Mercenaries Airsoft Team.
References
Akbar, I. (2018). Pembuatan Game Android “War Of Independence” Menggunakan Unity.
Anggara, A. P., & Mubarok, A. (2021). PENERAPAN UNITY 3D PADA APLIKASI ARCHERY SHOOT BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR.
Dewa, A. J. F., & Suhendi, H. (2022). Aplikasi Latihan Prasimulator Ujian Sim A Perseorangan Menggunakan Android Di Polrestabes Bandung. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 3(1), 67–77.
Dirgantara, H. B., & Windriyani, P. (2020). Pembangunan Permainan Video Action-Shooter 2 Dimensi Berbasis Desktop Menggunakan Game Maker Studio 1.4. KALBISCIENTIA Jurnal Sains Dan Teknologi, 7(2), 116.
Dzulfikar, R. (2022). KEKELIRUAN HAKIM DALAM MENYAMAKAN SENJATA AIRSOFT GUN DENGAN SENJATA API UNTUK MELAKUKAN PENGANCAMAN PADA PUTUSAN NOMOR 657/PID. SUS/2019/PNJKTUTR. FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.
Ghoniyu, M. R. (2019). Aplikasi Game Simulasi Tanggap Bencana Gempa Dan Banjir Berbasis Android Pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Jawa Barat. Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1211/
Hatta, H. R., Fahmi, M. N., & Kridalaksana, A. H. (2021). Pengembangan Game Adventure of Utan Menggunakan Challenge Cadence Skill-Theme. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(1), 57–62.
Junando, M. I., Kusuma, P. D., & Nugrahaeni, R. A. (2023). Pembuatan Non- Playable Character (NPC) dan Gameplay Simulasi Tur Kampus Virtual Dengan Unity3D. EProceedings of Engineering, 10(1).
Kurniawan, D., Pragantha, J., & Haris, D. A. (2020). PEMBUATAN GAME 2D MULTIPLAYER SHOOTING “BERZEKER’S TRIAL” PADA PLATFORM PC. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 8(1), 42– 47.
Kurniawan, M. L. (2020). UPAYA PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPOLISIAN RESOR MAGELANG TERHADAP PENYALAHGUNAAN SENJATA API REPLIKA JENIS AIRSOFT GUN. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Mau, G. (2019). Rancang Bangun Game 2D Shooter Platformer Menggunakan Metode Finite State Machine. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 3(1), 117–122.
Mekel, W. J., Sompie, S. R. U. A., & Sugiarso, B. A. (2019). Rancang bangun game 3D pertahanan kerajaan bowontehu. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 455– 464.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) dilisensikan di bawah ketentuan Prodi. Dengan lisensi ini, penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya, sementara pihak lain diizinkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan, baik untuk keperluan komersial maupun non-komersial, selama memberikan pengakuan yang layak kepada penulis asli dan eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF) sebagai sumber publikasi.
Setiap karya turunan wajib disebarluaskan menggunakan lisensi yang sama. Lisensi ini mendukung prinsip akses terbuka (open access) untuk mendorong diseminasi ilmu pengetahuan secara bebas dan bertanggung jawab.