Implementasi Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Produk Laris Dan Tidak Laris di PT. Kurnia Duta Elektrik
Keywords:
Naïve Bayes, Klasifikasi, Data Mining, Penjualan ProdukAbstract
Penelitian ini membahas implementasi algoritma Naïve Bayes untuk klasifikasi produk laris dan tidak laris di PT Kurnia Duta Elektrik. PT Kurnia Duta Elektrik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi alat-alat listrik, dan menghadapi masalah penumpukan barang akibat tidak adanya pengolahan data yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan produk yang tidak laris dan laris dipasaran. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini memanfaatkan data mining dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes sebagai pengolahan data lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan dataset penjualan Autonicss dari PT Kurnia Duta Elektrik selama tahun 2023. Data tersebut diolah melalui beberapa tahap yaitu, pembersihan data, transformasi dan evalusi. Hasil pengujian algoritma Naïve Bayes menunjukan akurasi model mencapai 97.50%, dengan precision 100% dan recall 96,7% dari 40 data yang digunakan